Setelah Lulus Tes CPNS

Setelah melalui berbagai tes yang melelahkan, tibalah saatnya untuk menerima pemberitahuan kelulusan. Bentuk pemberitahuan bisa bermacam-macam, ada yang melalui pos, sms, website, koran, dan sebagainya. Setelah lulus, biasanya ada panggilan untuk pemberkasan atau registrasi CPNS, dengan melampirkan beberapa dokumen, antara lain:

1. Surat Lamaran, biasanya ditulis ulang kembali surat lamaran bila diminta, karena berkas yang pernah dikirimkan terdahulu terkadang hilang atau panitia malas mencari lagi berkas yang lama.

2. Legalisir Ijazah terakhir, berikut fotokopi ijazah mulai dari SD, SMP, SMA (tidak harus dilegalisir), dan Perguruan Tinggi

3. Kartu Kuning Asli dan legalisir

4. SKCK Asli dan legalisir

5. Pas Foto

6. Surat Pernyataan (form disediakan oleh panitia, antara lain Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia, Surat Pernyataan setia kepada NKRI, dan surat2 pernyataan lainnya)

7. Curriculum Vitae/Daftar Riwayat Hidup

8.Surat-surat lain (tergantung instansi yang bersangkutan)

Setelah pemberkasan selesai, dokumen2 tersebut dikirimkan ke BKN (Badan Kepegawaian Nasional) untuk dibuatkan SK CPNS. Biasanya memakan waktu satu hingga tiga bulan. Sambil menunggu SK keluar, Anda bisa berjalan-jalan dulu atau nyambi sambil menabung untuk persiapan kerja jadi CPNS, karena sebelum diangkat penuh jadi PNS, gaji Anda akan dipotong 20%.

Setelah SK CPNS keluar, disitu akan ditunjukkan di instansi mana Anda akan bekerja. Misalnya untuk Departemen Keuangan, Anda bisa ditempatkan di Ditjen Pajak, Ditjen Anggaran, Ditjen Bea Cukai, dsb. Setelah menerima SK CPNS (sebelumnya ada pemberitahuan tertulis untuk mengambil SK di Departemen/Instansi masing-masing) yang berisi NIP, gaji, instansi, Anda harus melapor ke Biro/Bagian Kepegawaian masing-masing instansi, untuk kemudian ditentukan penempatannya. Misalnya bila Anda ditempatkan di Ditjen Pajak Depkeu, Anda harus melapor ke Bagian Kepegawaian Sekretariat Ditjen Pajak, untuk meminta Surat Tugas atau SK Penempatan, apakah Anda akan ditempatkan di pusat, atau di Kantor Wilayah Pajak.

Setelah memperoleh Surat Tugas, mulailah Anda bekerja di kantor dimana Anda ditempatkan. Jangan berkecil hati kalau ditempatkan di daerah nun jauh dari tempat tinggal, karena ada penggantian ongkos menuju tempat tugas Anda. Dan jangan khawatir, selama Anda punya NIP, Anda bisa pindah kemanapun, selama masih ada lowongan di tempat yang akan dituju.

7 Tanggapan to “Setelah Lulus Tes CPNS”

  1. ade Says:

    Salam kenal bang dizzman, saya mau tanya nih….
    kira – kira berapa lama jeda waktu antara keluarnya SK CPNS dengan mulai bekerja, saya dengar isu bahwa yang lulus tes CPNS tahun 2008 kemarin akan menerima SK CPNS bulan April 2009 ini, apakah saya juga mulai bekerja bulan April tersebut? karena saya masih terikat kontrak dengan perush swasta..
    Mohon petunjuknya
    Terima KAsih

  2. dizzman Says:

    betul sekali, paling cepet bulan Februari, paling lambat bisa sampai bulan Agustus, karena antrian di BKN banyak sekali, jadi sabar aja. kalo dah terima SK ya langsung kerja mas, dan Anda harus mempersiapkan resign dari perusahaan lama

  3. andrean Says:

    Saya mau bertanya juga, tentang pemberitahuan tertulis, apakah lewat jasa pos? Bagaimana jika alamat yang dicantumkan di dokumen adalah alamat di kampung, yang notabene tanpa nama jalan dan nomor rumah, hanya RT dan RW saja. Apakah bisa sampai suratnya? Bagaimana jika tidak sampai?

  4. sandi Says:

    Mas,Saya mau tanya…
    Apa SK saya keluar ya, Saya takut klo g keluar…
    Masalahnya berkas Saya Ijasah SMA yang legalisir itu tanda tangan kepala sekolahnya fotocopy,soalnya bertepatan KEpseknya lagi Ibadah Haji.

    Saya minta Wakilnya, katanya ga bisa, harus Ttd Kepsek.

    tapi cap stempel sekolah,nip kepsek dan legalisirnya asli karna dikeluarkan dr TU sekolah Saya…Terus katanya Wakil Kepsek

    “itu LEGAL ga perlu khawatir”

    Bagaimana itu mas Ya???
    Apakah SK saya keluar tanpa permasalahan yang itu???

  5. sandhi Says:

    saasssss

  6. dizzman Says:

    tenang aja, mereka juga kan gak bakalan ngecek satu demi satu, banyak yg harus dicek, jadi paling juga selewat2 aja…. berdoa aja semoga mereka gak liat, he3x….

  7. apang Says:

    mau tanya nih… apa selama nunggu SK itu kita boleh magang dulu gitu? apa gimana? apa hanya nunggu saja sampai SK nya keluar…? terus masalah gaji yang katanya hanya dibayar 80 % itu, setelah SK nya keluar ya? sampai kapan bisa terima gaji penuhnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: